Sabtu, 28 Februari 2015

6 Fakta Buah Durian

Durian Medan, Wuih Lezatnya...
Durian memang buah yang kontroversial, begitu dipuja - puja tapi tidak sedikit pula yang muak dan bahkan jijik akan buah ini. Berikut fakta - fakta menarik seputar buah durian :


1. Seperti apakah durian itu?

Istilah 'Durian' berasal dari kata Melayu 'duri' yang berarti duri. Hal ini dikarenakan kesan tangguh, tebal, kulit berduri yang mempunyai kemiripan dengan kulit nangka.

Pohon durian ditandai dari jarak 10-20 sentimeter yang sangat harum, daun hijau lonjong. Pohon itu tumbuh hingga ketinggian 50 meter, memiliki umur panjang dan dapat hidup selama berabad-abad, jika tidak terganggu oleh penyakit atau rusak oleh erosi tanah, matahari, dll. Kualitas tertinggi buah Durian didapat dari pohon-pohon Durian tertua .

Pohon Durian berbuah setelah 4-5 tahun, dan musim panen adalah dari Mei hingga Oktober. Dari ratusan kultivar didapati jenis zibethinus Durio adalah spesies yang paling banyak dibudidayakan untuk penjualan komersial.

Penanaman durian dapat dilakukan baik dengan biji atau okulasi teknik. Pohon dicangkokkan akan mulai berbuah dalam waktu 4-5 tahun sedangkan bibit mengambil lebih dari 15 tahun untuk berbuah. 
Benih bila digunakan untuk perbanyakan harus ditanam dalam kondisi segar karena kering dan akan kehilangan kelangsungan hidup seiring waktu berjalan.

Buah durian dapat berkembang menjadi ukuran panjang 12 inci dan diameter 6 inci. Buah tersebut seperti sepak bola yang runcing dan berbahaya untuk disentuh.

Tangguh, kulit Durian yang runcing terbagi menjadi 5 segmen dalam pematangan sehingga menunjukkan aril keputihan, merah muda atau kekuningan sekitar biji besar. Aril ini adalah bagian yang dapat dimakan dari buah.

2. Bagaimana rasa Durian dan seperti apa baunyai?

Ulasan tentang buah Durian kontras. Ada beberapa yang hanya cinta Durian, sementara beberapa membenci mereka. Permainan cinta-benci ini telah dipelopori oleh rasa dan bau buah. Satu fakta buah Durian yang lucu dan menarik adalah bahwa hal itu dianggap 'rasa seperti surga dan bau seperti neraka'.

Yang memukau adalah tidak ada buah lain yang dicintai dan dibenci oleh begitu banyak orang pada saat yang bersamaan. Contoh dari hal ini adalah di Singapura, di mana orang sangat membenci sehingga hukum melarang penumpang naik Mass Rapid Transit jika mereka membawa Durian. Di sisi lain, Singapura juga rumah beberapa fanatik Durian, yang menginspirasi pembangunan 'Esplanade 4', sebuah bangunan tinggi di kota.

Bau Durian yang seperti itu menyebabkan beberapa orang untuk memiliki perasaan menjijikkan. Bau menyegat, berbau seperti bawang putih atau bawang merah sampai batas tertentu. Selain itu, baunya mirip dengan bau kaki. Bau ini juga dijelaskan untuk menjadi seperti 'kaus kaki olahraga yang tidak dicuci sebulan'. Kharakteristik bau yang tidak menyenangkan ini yang menyebabkan ia dilarang di tempat umum seperti hotel, pesawat terbang dan bus.

Rasa Durian seperti apa yang memikat orang meskipun bau. Durian adalah rasa yang diperoleh dan dijelaskan secara berbeda oleh orang yang berbeda. Beberapa orang mengatakan rasanya seperti persilangan antara coklat putih dan bawang. Ketika naturalis Inggris yang terkenal Alfred Russel Wallace mencicipi Durian pertamanya di abad ke-19, komentarnya tentang rasa adalah: "Mentega seperti puding yang sangat dibumbui dengan almond, tapi bercampur dengan rasa wafts yang seperti krim keju, saus bawang, sherry coklat dan keganjilan lain. 

Semakin banyak Anda makan, semakin sedikit kecendurungan untuk berhenti”. Setelah orang belajar untuk membedakan kedalaman rasa buah, mereka segera menjadi penggemar buah ini.

3. Kapan Waktu Terbaik untuk Pilih dan Makan Durian?

Pemanenan buah harus menunggu buah jatuh dari pohon dan kemudian memungkinkan untuk matang selama 2-4 hari sebelum dikonsumsi. Ini adalah saat ketika buah akan menjadi yang paling pedas dan lezat. Namun, menyajikan buah yang sudah lebih dari 5 hari menyebabkan buah kehilangan kualitasnya. Thailand Selatan merupakan pengecualian untuk ini, di mana buah dipanen sebelum jatuh dari pohon.

Sementara memilih Durian dari pasar, salah satu perlu pergi untuk memilih buah dari tumpukan. Durian yang berukuran besar, segar, padat adalah yang terbaik. Ketika mengocok buah, suara berderak-derak harus diikuti oleh biji bergerak di dalam. Hal ini menunjukkan kematangan tersebut. Selain itu, duri harus kuat dan kaku, tidak rapuh. Pada Göring Durian, harus lengket. Lubang di Durian menunjukkan adanya cacing. Jadi berhati-hati saat melakukan pembelian.

Kapan Anda makan Durian tergantung pada preferensi pribadi Anda. Jika Anda lebih suka tekstur sedikit renyah dari buah, makanlah saat dipanen dan muda. Tapi jika Anda menyukai yang lembut dan sangat aromatik, tunggu sampai matang sampai sekam robekan terbuka.

Durian juga dijual dalam bentuk beku, yang paling direkomendasikan untuk pertama kali Durian icip. Hal ini karena dalam bentuk beku bau berkurang dan merupakan cara yang bagus untuk memperkenalkan buah ke orang-orang. Memiliki buah segar mungkin tampak langsung menjijikkan bagi banyak orang di percobaan pertama.

Bagi orang yang tidak bisa membayangkan makan bahkan versi beku, ada beberapa permen rasa Durian, es krim, keripik, selai, biskuit, dll yang tersedia di toko-toko. Beli dan cobalah. Hal ini akan membuat Anda terbiasa dengan rasa buah. Kemudian cobalah berbagai durian beku, yang akan memperkenalkan rasa buah yang lebih halus.

4. Mitos Durian

Buah durian memiliki kisah menarik. Pembicaraan kisah tua tentang Raja jelek yang meskipun kuat, tidak mampu untuk memenangkan cinta pengantin muda yang terus-menerus menolak dia. Dia berkonsultasi seorang pertapa, yang meminta tiga bahan aneh. Pertapa memberikan campuran dari tiga bahan untuk raja dan memintanya untuk menanamnya di taman istana. Dari ketiga bahan tersebut muncullah pohon Durian. Begitu pengantin memakan buah dari pohon, ia terpesona oleh raja. 

Namun, raja lupa untuk mengundang pertapa untuk perayaan, sehingga pertapa mengutuk buah tersebut. Ia menggantikan aroma aromatik dengan bau busuk dan menggantikan permukaan halus oleh gundukan berduri.

5. Festival Durian Dunia

Thailand adalah produsen terbesar Durian di dunia. Buah ini sangat populer di Thailand bahwa festival sembilan hari juga dilakukan untuk menghormatinya, di provinsi Chanthaburi selama bulan Mei. Chanthaburi di Provinsi Touts memiliki kebun dengan jumlah durian terbesar di dunia.
Festival ini menampilkan parade karnaval apung, kompetisi makan Durian dan demonstrasi berbagai persiapan jenis makanan Durian lainnya. Berbagai produk lokal lainnya juga ditampilkan dalam festival ini.

Shake durian yang populer di festival. Selain itu, chip Durian, yang dibuat dengan proses yang sama seperti keripik kentang juga disiapkan di festival, yang menyenangkan ditonton. Anda juga bisa mendapatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai varietas Durian tersedia.

6. Bagaimana gizi dalam Durian?

Durian, Buah yang Bergizi
Bau kotor memicu pertanyaan 'apakah buah Durian sehat?' Buah durian bernilai gizi tinggi, mengapa beberapa mengkonsumsinya meskipun mereka tidak suka bau busuk tersebut.
Buah ini merupakan sumber karbohidrat, protein, serat makanan dan energi. Hal ini juga kaya nutrisi seperti vitamin B, C, dan E, serta dengan asam amino. Selain itu, buah Durian tidak memiliki kolesterol.
Buah durian kaya akan fitonutrien, antioksidan dan juga terlihat untuk meningkatkan kadar serotonin, sehingga memberikan suasana hati yang baik.

Pembuatan jus juga diperoleh dari Durian yang ada di atas kepala orang yang menderita demam untuk meringankan orang dari yang sama.


Beberapa manfaat buah Durian lain kadar besi yang tinggi yang membantu menyingkirkan infeksi ragi.

Malas Langsung Makan Buahnya, Ada Produk Olahannya Bernama Pancake Durian. BELI DISINI >>

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar